BEBERAPA JENIS RHINOPLASTY

 operasi-hidung-doktersehat

 

 DokterSehat.Com – Operasi mempercantik bentuk hidung memang sangat populer, namun ternyata operasi hidung tidak selalu berkaitan dengan kebutuhan kecantikan. Selain untuk mempercantik bentuk hidung, berbagai jenis operasi hidung juga dilakukan untuk penyakit tertentu.
Apa itu operasi hidung?

Rhinoplasty adalah prosedur pembedahan yang dilakukan pada hidung bagian luar dan dalam hidung. Tujuan dari operasi hidung dapat bervariasi dari sekadar memperbaiki bentuk hidung, mengobati masalah pernapasan tertentu, hingga memperbaiki kelainan bentuk hidung yang disebabkan oleh cacat lahir atau cedera.

Seseorang mungkin memiliki lebih dari satu alasan untuk menjalani operasi hidung. Sebelum memutuskan operasi, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan spesialis.

Jika operasi dilakukan karena alasan estetika, perawatan harus dilakukan untuk memastikan bahwa hasil operasi tidak mengganggu pernapasan hidung. Antara keindahan bentuk hidung dan efisiensi pernafasan, keduanya memiliki prioritas yang sama. Rhinoplasty juga dapat dilakukan untuk mengatasi masalah aliran udara hidung karena berbagai penyebab. Kondisi ini dapat disebabkan oleh septum hidung yang tidak normal (sumbatan rongga), pembesaran konka, lubang hidung menyempit atau terjepit, polip hidung, pembengkakan lapisan hidung karena alergi atau iritasi, atau kombinasi dari kondisi tersebut.

Kondisi lain yang memerlukan operasi hidung antara lain obstructive sleep apnea (OSA), suatu kondisi yang menyebabkan seseorang berhenti bernapas saat tidur karena penyumbatan saluran napas.
Jenis operasi hidung

Rhinoplasty terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut 4 jenis operasi hidung yang perlu Anda ketahui:

1. Plastik Turbin

Turbinoplasty, atau reduksi turbinat, adalah prosedur operasi hidung di mana turbinat dipotong atau dikeluarkan dari hidung.

Turbinat adalah struktur kecil di hidung yang membersihkan dan melembabkan udara yang masuk ke paru-paru melalui hidung. Turbinat terdiri dari struktur tulang yang dikelilingi oleh jaringan pembuluh darah dan selaput lendir.

Kerang dapat menjadi bengkak dan meradang karena alergi, iritasi atau infeksi, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat dan produksi lendir yang berlebihan, yang menyebabkan sumbatan jalan napas. Kondisi ini memerlukan turbinoplasti. 

2. Septoplasti

Septoplasty adalah operasi hidung yang dilakukan untuk memperbaiki jembatan hidung yang cacat atau cacat.

Septum adalah struktur tulang dan tulang rawan yang membentuk batas antara dua rongga hidung. Ketika septum menyimpang, itu menghalangi sisi lain dari hidung dan aliran udara dapat terganggu.

Septoplasti dilakukan untuk meluruskan septum sebanyak mungkin dengan membuang bagian yang tidak normal dan menata ulang sisa tulang dan tulang rawan. Prosedur ini dilakukan dalam kondisi berikut:


Septum sudut, suatu kondisi dimana septum tidak terletak pada garis lurus vertikal, mencegah aliran udara.
Deviasi septum karena kelainan atau cedera kongenital.
Perbaikan retakan di hidung dan rongga hidung.

3. Rinoplasti

Rhinoplasty adalah operasi hidung untuk tujuan kosmetik. Prosedur ini dapat memperkecil atau memperbesar ukuran hidung, mempersempit jarak antara lubang hidung, mengubah sudut antara hidung dan bibir atas, serta mengubah ujung atau batang hidung. Prosedur ini terkadang dapat membantu mengatasi masalah pernapasan juga.


4. Rinoseptoplasti

Rhinoplasty adalah operasi hidung yang tidak hanya mencakup septoplasty tetapi juga operasi hidung. Prosedur operasi hidung ini diperlukan dalam kasus deviasi septum yang lebih kompleks. prosedur operasi hidung

Prosedur rinoplasti pada dasarnya berbeda tergantung pada jenis rinoplasti dan jenis kasus yang ditangani. Rhinoplasty tidak selalu membutuhkan perawatan rumah sakit selanjutnya, tetapi dalam beberapa kasus hanya perawatan rawat jalan.

Penggunaan anestesi pada operasi hidung juga dapat berupa anestesi lokal dan anestesi umum. Rhinoplasty rata-rata memakan waktu sekitar 2 jam.

Belat atau belat dapat dipasang di atas hidung untuk mempertahankan bentuk hidung yang baru. Sedangkan selama operasi septum, belat plastik lunak dapat dimasukkan ke dalam lubang hidung untuk menstabilkan septum.

Seseorang yang telah menjalani operasi hidung biasanya dapat kembali ke aktivitas normalnya setelah sekitar satu minggu istirahat. Dokter menebak apa

 

 

Comments